COMPACT HOUSE design Part 8
Rumah Mungil di Lahan 6 x 8,50 m (Alternatif di Kota yang padat)
Buka program Graphisoft Archicad Anda. (Posting dengan
Archicad 15)
SETTING SATUAN UKURAN:
Klik Options
>Project Preferences > Working units & levels
Pada bagian
Model Unit pilih satuan centimeter dan Decimal= 0,
Pada bagian
Layout Unit pilih satuan centimeter dan Decimal=
0, Klik Next
Pada bagian
Linear Dimension Unit pilih satuan centimeter dan Decimal= 0, Klik
Next
Pada bagian
Length Unit pilih satuan centimeter dan Decimal= 0,
Pada bagian
Area unit dan volume unit pilih satuan meter
Klik
OK.
SETTING
SATUAN GRID BACKGROUND:
Untuk
mempermudah penempatan pointer pada area gambar sesuai ukuran.
Pengaturan
grid background, klik View > Grid Options > Grids & Background.
Pada bagian Spacing Main Grid , horizontal dan Vertical = 100.
Pada bagian
Snap Grid , horizontal dan Vertical = 50. Klik OK
MENGATUR
LAYER:
Layer
digunakan untuk mengorganisasi elemen-elemen konstruksi yang kita
gambar. Caranya, Klik Options > Element Attributes > Layer Settings
(Model Views). Maka muncul dialog:
Klik New,
untuk membuat Layer-layer nama komponen yang akan anda buat. Contoh: Dinding,
Pintu, Lantai, Atap, dll. Kemudian Klik OK
MEMBUAT
STORY:
Untuk
mempersiapkan jumlah lantai dan elevasi masing-masing lantai.
Klik Design
> Story Setting...Pada bagian
Story 0 ketik LANTAI 1, Elevation = 0, Height to Next = 350
Pada bagian Story
1 ketik LANTAI 2, Elevation = 350, Height to Next = 350
Apabila
ingin menambah lantai, klik Insert Above. Klik OK
PROJECT : MINIMALIST HOUSE
PENGGAMBARAN KONSTRUKSI LANTAI 1
Pada Navigator-Project Map, aktifkan 0. Story (LANTAI 1)
MENGGAMBAR DINDING (WALL):
Klik Wall di Toolbar. Klik Setting Dialog untuk mengatur parameternya.
Tinggi dinding= 350, To Project Zero (dasar Dinding)=0, Construction
Method=Center, Wall Thickness=15 , Pilih Layer Dinding, Kemudian Klik OK.
Seperti gambar dibawah ini:
Setelah mengatur parameter dinding, kita mulai menggambar diding sesuai
rencana denah di atas.
Pilih jenis dinding Chained pada panel Info Box. Untuk
menempatkan Klik Grid snap dan pilih yang paling kanan.
Kita mulai dinding yang paling luar dulu. Caranya klik pada titik grid
awal, terus arahkan dan Ketik sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian Enter
(ok).Teruskan untuk dinding yang lain sesuai Denah Lantai 1 di atas.Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
Klik toolbar Orbit (O) untuk menggerakkan. MENGGAMBAR
LANTAI (SLAB):
Klik Slab pada Toolbar, atur parameternya,
Relative Base Height=30, To
Project Zero=30 (30 cm dari dasar 0),Model: Top Material= Floor-Deck Pine,dan
yang perlu diingat elevasi tiap penggambaran. Pilih Layer Lantai (sesuai yang
telah dibuat).Setelah klik OK, kemudian langsung buatlah Klik pada bagian yang dibuat
lantai, (seperti gambar berikut): Dengan langkah yang sama buatlah Lantai KM dan Lantai Teras dengan ketinggian
yang berbeda.
Tekan F3 apabila ingin melihat
3D-nya.MENGGAMBAR
BIDANG TANAH (SLAB):
Klik Slab Tool pada ToolBox dan klik pada info box, atur parameternya,
Pilih tebal Tanah = 5, To Project Zero=5 (5 cm dari dasar 0)
Model = LS-Grass green
Pada Layer pilih Rumput (sesuai yang telah dibuat).
Klik OK
Pada Geometry Method pilih Ractangular
Buatlah segi empat pada denah luasan yang akan diberi rumput, seperti
gambar berikut:
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
MENGGAMBAR TROTOAR (SLAB):
Klik Slab Tool pada ToolBox dan klik pada info box, atur parameternya,
Pilih tebal Trotoar = 5, To Project Zero=5 (5 cm dari dasar 0)
Model = Brick-Stack Bound
Pada Layer pilih Trotoar. (sesuai yang telah dibuat).
Klik OKPada Geometry Method pilih Ractangular
Buatlah segi empat pada denah luasan yang akan dibuat Trotoar (lebar 100),
seperti gambar berikut:
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
MENGGAMBAR JALAN (SLAB):
Klik Slab Tool pada ToolBox dan klik pada info box, atur parameternya,
Pilih tebal Jalan = 2, To Project Zero=2 (2 cm dari dasar 0)
Model = Paving-Asphal Dark
Pada Layer pilih Jalan. (sesuai yang telah dibuat).
Klik OKBuat persegi seperti langkah sebelumnya dan sesuaikan seperti denah.
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
MEMASANG PINTU (DOOR):
Klik Door Tool pada Toolbox, dan klik pada info box, atur parameternya,
Pilih Jenis pintu: Wood Internal Door – D1 1 Sidelight,
Atur Ukuran Lebar =130,Tinggi pintu= 210, dan Pilih Handle
-nya
Ingat ketinggian lantai 30.
Klik OK
Klik tengah-tengah tembok ( Klik 1)
Klik 2 bagian dalam ruangan (arah membuka), seperti gambar di atas.
MEMASANG JENDELA (WINDOW):
Klik Window Tool pada Toolbox, dan klik pada info box, atur parameternya,
Pilih Jenis Window: W3-15
Atur Ukuran Lebar =200,Tinggi = 200, posisi dari lantai 120
Klik OK
Klik pada 1,2, 3 seperti gambar di atas.
Untuk Pintu dan Jendela yang lain tinggal Pilih jenis dan ukurannya.
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
MEMASANG
TANGGA (STAIR):
Klik Stair Tool pada Toolbox, dan klik pada
info box, atur parameternya,
Pilih Jenis Stair: Complete Stairs 15
Pilih nama tangga: Stair U- Shape 15
Pada bagian Preview and Positioning – klik Create Stair – pilih U –Return
with Landing - OK
Total rise height = 350, lalu kunci,
Flight width = 90, lalu kunci,
Stair width= 210, lalu kunci,
Lower part length = 240,
Upper part length = 359,
Number of risers of the lower side = 7 ,
Number of risers of the upper side = 11,
Width of the Landing = 90 (lebar bordes),
Lower offset of the Landing = 5,
Upper offset of the Landing = 2,
Klik OK. Kalau mau disimpan klik Save as ...
Klik OK
Tempatkan Tangga pada ruang tangga diatur/diputar sesuai Denah, seperti
gambar:
Untuk mengatur Railing tangga Klik Edit stair
Pilih Railing, Post with Balusters, klik OK:
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
PENGGAMBARAN
KONSTRUKSI LANTAI 2
Pada Navigator-Project Map, aktifkan 1. Story (LANTAI 2).
Jika Denah Lantai 1 tidak terlihat, maka Klik Icon Trace (untuk bantuan menggambar Denah Lt. 2) MENGGAMBAR DINDING (WALL) LANTAI 2:
Klik Wall Tool pada ToolBox dan klik pada info box, atur parameternya,
Tinggi dinding= 350, To Project Zero =350 (350 cm dari dasar 0),
Construction Method=Center, Wall Thickness=15 , Pilih Layer Dinding, Kemudian
Klik OK.
Gambarlah Denah Lantai 2 sesuai Rencana Denah di atas.
Tekan F3 apabila ingin melihat
3D-nya.
MENGGAMBAR LANTAI (SLAB) PADA LANTAI 2:
Klik Slab pada Toolbar, atur parameternya,
Relative Base Height=15, To Project
Zero=335 (335 cm dari dasar 0),Model: Top Material= Floor-Deck Pine.
Teruskan untuk Lantai Kamar Mandi dan Balkon, atur elevasi sesuai
ketentuan.
Tekan F3 apabila ingin melihat 3D-nya.
MEMASANG PINTU (DOOR) dan JENDELA (WINDOW) PRINSIP SAMA DENGAN PADA WAKTU
GAMBAR DI LANTAI 1.
MENGGAMBAR ATAP BETON (SLAB):
Pada Navigator-Project Map, aktifkan 1. Story (LANTAI 2).
Klik Slab pada Toolbar, atur parameternya,
Slab tickness=10, To Project Zero=705 (705 cm dari dasar 0),Model: Top
Material=Paint -01
Bentuk dan variasi yang lain digambar sesuai keinginan Desainer.
Contoh seperti gambar berikut:KEMUDIAN COBA DI RENDER:
Selamat berlatih! Sukses untuk Anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar