Kamis, 11 Oktober 2012

Sadar Manfaat Buah Dan Sayur


Berapa kali dalam sehari anda memakan buah dan sayur ? Berbahagialah jika anda termasuk penggemar buah dan sayur dan memiliki tingkat konsumsi yang tinggi per harinya. Selain memiliki kandungan gizi yang bermanfaat , buah dan sayur memiliki banyak kegunaan lain yang diperlukan tubuh.
                National Cancer Institut (NCI), bagian dari Institut Kesehatan Nasional,AS, sedang mangampanyekan “Tantangan Lima Kali Sehari” untuk memakan buah dan sayur. Kampanye yang sudah dikumandangkan sejak dua dekade silam tersebut bertujuan, meningkatkan kesadaran masyarakat AS tentang manfaat buah dan sayur, serta menyemangati mereka untuk lebih meningkatkan konsumsi buah dan sayur.
                Mengapa NCI turut meramaikan kampanye makan sayur dan buah ? Pasalnya , menurut penelitian, konsumsi sayur dan buah dapat membantu menurunkan resiko terjadinya sejumlah kanker. Di samping itu, kandungan serat -terutama soluble fiber-dapat membantu menurunkan resiko timbulnya penyakit jantung koroner. Maafaat lainnya misalnya, membantu melancarkan proses pencernaan dan membantu menghilangkan bau mulut.
                Kandungan serat  yang banyak terdapat di dalamnya menjadi alasan terpenting untuk mengonsumsi sayur dan buah. Terdapat banyak bukti bahwa serat dapat membantu menurunkan lemak darah. Oleh karena itu, dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Serat juga dapat membantu meningkakan kontrol atas gula darah dan menurunkan kebutuhan insulin sehingga dapat membantu para penderita diabetes. Sebagai tambahan, dengan beberapa kekecualian, buah dan sayuran juga bebas lemak dan mengandung nutrisi esensial, seperti folat, antioksidan, dan serat yang bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko gangguan serangan jantung.
Pertanyaan berikutnya, mengapa harus lima kali ? Menurut sebuah bukti ilmiah, seseorang yang mengonsumsi buah dan sayur sekitar lima kali sehari memiliki peluang separuh lebih kecil untuk terserang kanker saluran pencernaan dan pernafasan, ketimbag mereka yang mengonsumsi buah dan sayur kurang dari dua kali sehari.
                Hanya saja, dengan berbagai alasan, banyak orang masih saja enggan mengonsumsi buah dan sayuran. Alasan kerap dilontarkan, di antaranya karena untuk mengonsumsi buah dan sayur membutuhkan waktu dan merepotkan. Namun, jika saja mereka menyadari manfaat konsumsi buah dan sayur, mereka tidak akan menganggap itu merepotkan.
(Gerai Fit Kompas)

Tidak ada komentar: