Kamis, 18 Oktober 2012

Waspada stroke di usia dini


STROKE merupakan kondisi sel-sel otak yang tiba-tiba mati karena kekurangan oksigen. Hal ini disebabkan adanya suatu halangan di dalam aliran darah atau pecahnya pembuluh arteri. Stroke bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali Anda yang berada pada usia produktif.  Menurut laman Badan Pusat Statistik (www.bps.go.id), usia yang tergolong produktif adalah 15 – 64 tahun. Jadi, Anda yang berada di rentang usia ini sebaiknya mulai benar-benar memperhatikan pola hidup, terlebih menyangkut pola makan.
Untuk menjaga pola hidup, Anda bisa mulai melakukan beberapa hal berikut ini.

1.       Diet sehat dan seimbang
Diet sehat dan seimbang dapat diartikan dengan mengonsumsi  banyak buah dan sayuran segar, susu rendah lemak, rendah kolesterol, serta rendah natrium (asupan garam harian tidak boleh melebihi 2.300 miligram atau sekitar 1 sendok teh).

2.       Aktivitas fisik secara teratur
Latihan dengan tingkat sedang (akumulasi 30 – 60 menit), 4 sampai 7 hari dalam minggu. Misalnya, jalan santai, joging, bersepeda, dan berenang. Pasien beresiko tinggi direkomendasikan untuk mengikuti program yang diawasi secara medis.

3.       Kendalikan berat badan
Mempertahankan indeks massa tubuh (IMT) pada kisaran 18,5 sampai 24,9 kilogram/meter persegi dan lingkar pinggang kurang dari 80 sentimeter bagi pria (standar Asia Timur dan Selatan).

4.       Stop merokok
Rokok merupakan salah satu faktor pemicu terbesar terjadinya stroke. Ada beberapa cara untuk menghetikan kebiasaan merokok dengan terapi pengganti nikotin (permen karet, patch) dan terapi tingkah laku.

5.       Kendalikan hipertensi dan kontrol gula darah
Menurunkan tekananan darah yang tinggi sampai target kurang dari 140/90 mmHG (tanpa penyakit penyerta lain). Kontrol gula darah dengan target HbA1C <6,5 persen.

6.       Hiperkolesterolemia
Bagi penderita kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), pemberian statin dan  modifikasi gaya hidup dengan target kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl.

(Fitur Klasika Kompas)

Tidak ada komentar: