Kamis, 01 November 2012

Langkah sederhana antisipasi penuaan dini


Kulit terlihat tak kencang, mengendur, bahkan muncul keriput di wajah. Padahal usia belum genap 35 tahun. Selain tampilan terlihat loyo, tubuh lemas dan mudah terserang penyakit. Bila mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya Anda berhati-hati. Bisa jadi, hal ini adalah indikasi penuaan dini.

Perlu dicermati, masalah penuaan dini tak hanya melulu masalah kecantikan, tetapi juga menyangkut gangguan kesehatan. Sebagai dampak proses penuaan dini, penyakit-penyakit degeneratif yang umumnya diderita pada usia sekitar 50 tahun kini semakin banyak dijumpai pada usia yang lebih muda, yatu sekitar tiga puluhan. Beberapa penyakit yang kerap ditemukan pada usia ini di antaranya adalah diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

Tak dipungkiri, perkembangan zaman membawa aspek positif pada peningkatan kesejahteraan. Namun di sisi lain, kemajuan ini juga menyangkut sejumlah masalah, seperti tingkat polusi udara yang meningkat, sanitasi yang buruk, dan tingkat stres yang tinggi terutama di kawasan urban. Hal-hal inilah yang menjadi pemicu penuaan dini.(Baca : Rahasia Sehat, Bahagia, dan Panjang Umur dari Suku Hunza )


Pemerhati kesehatan Erwin Pohe mengungkapkan bahwa kesehatan yang sejati sebenarnya meliputi tiga hal, yaitu kesehatan roh, kesehatan jiwa, dan kesehatan tubuh. Jika kesehatan roh diperoleh dengan beribadah, kesehatan jiwa berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang. Sementara itu kesehatan tubuh berkaitan berkaitan dengan  kondisi kesehatan fisik secara keseluruhan.  Namun, dalam ketahanan tubuh, penyakit lebih banyak muncul akibat kondisi jiwa yang negati seperti stres, depresi, dan kekhawatiran berlebihan. Inilah yang perlu dikendalikan. Salah satunya adalah dengan berpikir positif.
Lain halnya dengan kesehatan tubuh. Gaya hidup sehat menjadi faktor penentu. Selain berolahraga dan istirahat cukup, hal yang paling berpengaruh adalah faktor pola makan. Fernando Cortizo, pakar kesehatan dari Ageless Asia, menuturkan bahwa ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan.
“Jika ingin hidup sehat dan tampil lebih awet muda hindarilah makanan seperti  junk food, alkohol, minuman bersoda, makanan manis atau bergula, dan goreng-gorengan. Lakukan olahraga, minumlah banyak air putih, hindari kebiasaan merokok, dan makanlah dengan pola yang teratur.” Ungkap Fernando.
Dengan mengatur pola makan yang lebih sehat setiap hari, niscaya seseorang akan terhindar dari serangan berbagai penyakit. Selain itu, tampilan terlihat lebih awet muda, seolah Anda tidak bertambah tua meskipun tahun demi tahun berganti.
(Sumber : Artikel Klasika Kompas)

Tidak ada komentar: