Kamis, 01 November 2012

Hal-hal sepele seputar makanan

           You are what you eat. Ungkapan ini mengingatkan kita untuk lebih hati-hati mengonsumsi makanan. Apalagi munculnya berbagai wisata kuliner yang menawarkan bermacam-macam masakan.
Berikut ini adalah beberapa hal sepele seputar makanan yang kerap dilupakan orang.

1. Hindari lemak
Makan makanan yang sarat lemak memang nikmat. Masakan berminyak seperti gorengan hingga bersantan seperti soto, jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat sebenarnya tidak apa-apa. Masalahnya, saat mencari makanan untuk makan siang, kita sering terjebak dengan pilihan makanan yang serba berlemak. Solusinya, bawa bekal dari rumah.

2.  Makanan warna-warni
Makanan yang berwarna-warni memang sangat menggoda untuk disantap. Secara naluri, nafsu makan semakin bertambah ketika mengonsumsi makanan berwarna. Sebenarnya tak ada yang salah denga mengonsumsi  masakan berwarna-warni. Namun sebaiknya kita jeli melihat bahan pewarna makan yang digunakan.

     3. Hati-hati pengawet
Makanan kemasan kerap menjadi opsi favorit orang yang suka kepraktisan. Makanan dalam kemasan juga disukai karena mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun, kita sebaiknya jeli dengan kadar pengawet yang digunakan, agar terhindar dari bahaya kanker.
   
4. Kurangi penyedap
Sebuah masakan memang akan semakin nikmat jika ditambahkan dengan penyedap. Penyedap makanan berupa senyawa monosodium glutamat (MSG) sebaiknya dikurangi karena bisa menganggu kesehatan.

     5. Cara olah makanan
Anda suka sate atau ayam goreng ? Kedua makanan ini memang memiliki banyak penggemar. Namun, sebaiknya kita mengrangi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang. Selain mengandug banyak lemak, metode memasak seperti ini merusak nilai gizi karena menggunakan panas bersuhu tinggi. Disarankan, konsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak. 

      6. Jauhi penyebab obesitas
Jerohan,  otak, kulit ayam daging merah, dan makan berkuah santan kental adalah penyebab obesitas. Jika kita mendambakan perut langsing yang sehat, sebaiknya kurangi porsi makanan yang satu ini. Solusinya, kita bisa memilih makanan berkuah bening, daging tanpa lemak, susu rendah lemak, susu kedelai, dan ikan sebagai sumber protein yang baik.

(Sumber : Fitur Klasika Kompas )

Tidak ada komentar: