Minggu, 11 November 2012

Tips Rumah Bebas Alergi


Memiliki rumah bebas alergi adalah sesuatu yang diinginkan banyak orang, namun alergi merupakan respon auto imun tubuh kita terhadap unsur-unsur berbahaya lain dari lingkungan. Penderita alergi bisa terjadi di mana saja, di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tidak ada yang dapat menghilangkan faktor penyebab alergi tetapi kita berupaya untuk membuat rumah kita bebas alergi yang bisa menyelamatkan kita dari bersin-bersin dan alergi lainnya.  

Tips Rumah Bebas Alergi !

1. Furniture harus memiliki desain sederhana. 

    Desain sederhana menangkap debu jauh lebih sedikit daripada yang berornamen.    Tidak ada rak buku  terbuka. Buku yang ada di rak-rak terbuka menangkap debu lebih banyak daripada yang tertutup.

2. Tirai-tirai Jendela selalu dicuci

    Tirai-tirai jendela rumah dapat dicuci secara berkala untuk menyingkirkan penyebab iritasi alergi.

3. Elemen dekoratif yang lama terpasang. 

    Elemen dekoratif biasanya terbuat dari kayu, plastik, keramik dan semuanya itu sumber alergi yang harus dihindari. Rajin-rajinlah untuk membersihkannya secara periodik.

4. Sarung bantal , tempat tidur dan selimut harus di desain sederhana, agar tidak berpengaruh besar terhadap orang-orang yang mudah menderita alergi.

5. Kita harus sangat berhati-hati menggunakan pembersih Vakum. 

    Membersihkan dengan cara disapu atau dibersihkan dengan sulak (kemoceng) tentu masih ada debu yang berterbangan dan setelah beberapa saat debu sebagian kembali mengotori. Maka dibersihkan dengan Vakum secara teratur dengan cermat.

6. Membersihkan karpet dilakukan secara berkala bisa menjadi ide yang baik. Mengepel lantai dengan larutan disinfektan merupakan cara terbaik untuk menjaga diri alergi.

7. Semua pakaian harus disimpan dalam lemari tertutup. 

    Pintu lemari pakaian harus selalu tetap tertutup. Supaya tidak ada ada ngengat sebiknya diberi kamper atau pewangi sejenisnya.

8. Bersihkan sudut-sudut tembok atau kolong tempat tidur

    Biasanya tempat tidur didesain berongga di bawahnya, sehingga di situ banyak serangga atau debu yang tidak terjangkau oleh sapu maupun pel. Secara periodik sebaiknya bibersihkan dengan Vakum.

9. Bila memungkinkan pasang AC

    Untuk menjaga udara panas dan masuknya debu berlebihan sebaiknya dipasang AC. Namun, perawatan yang tepat dan pembersihan rutin AC adalah suatu keharusan. Jendela selalu harus tetap tertutup terutama selama musim kemarau atau pada daerah berdebu. Tidak merokok di dalam rumah.

10. Sintetis, kulit, microfiber dan dacron harus menjadi bahan pilihan ketika mencari sofa atau tempat duduk lainnya. Kapuk, bulu dan karet busa harus dihindari. Yang terakhir ini bahkan dapat tumbuh jamur di tempat yang lembab.

11. Awas hewan piaraan. Jika Anda suka hewan piaraan seperti anjing,  kucing, hamster, burung, dll. harus dijaga dan dirawat secara khusus, sebab piaraan tersebut merupakan sumber alergi bahkan penyakit.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas kita bisa mengurangi resiko alergi atau bebas alergi. Nah, selamat bersih-bersih !!... mengenakan masker tentunya !

(sumber : ygoy.com)


Tidak ada komentar: